No comments yet

Daniel Prasetya

Daniel Prasetya, warga Indonesia asal Surabaya lulusan Teknik Sipil Universitas Diponegoro mendirikan dan mengelola sekolah Pencak Silat Inti Ombak (Inner Wave) di negara bagian Colorado, Amerika Serikat.

Sekolah ini adalah wujud kecintaannya pada seni bela diri Indonesia ini. Saat ini ia memiliki murid yang mayoritas adalah warga Amerika. Latihannya 2 kali seminggu. Pemasarannya hanya lewat mulut ke mulut. Hal ini dilakukan karena iklan lewat koran & phonebook tidak efektif sebab Silat belum dikenal luas. Bahkan tulisan Pencak dibaca pancake (kue) oleh beberapa warga AS, ujar Daniel.

Sekolah ini dimulai di garasi dan bertambah peminat hingga akhirnya sukses menyewa ruangan di deretan restoran dan toko-toko di kota kecil Fort Collins yang dekat dengan Denver.

Salah satu murid seniornya adalah Steve D’Aurelio, yang membantu Daniel mengelola sekolah. Steve mencintai Silat. Ia datang 6 kali dalam seminggu. Ia juga mengajar seni beladiri di akademi di Colorado, tapi kebanyakannya mengajarkan silat.

Lain lagi komentar Laura, yang  pernah belajar seni bela diri Cina bertahun-tahun. Baginya, silat lebih menyeluruh dan menantang. Silat lebih lengkap karena ada bela diri, berbagai aliran jurus, meditasi, olah pernafasan, serta penyembuhan (healing) dan semuanya saling melengkapi.

Selain mengajarkan Pencak Silat, sekolah ini juga memperkenalkan seni budaya Indonesia ke masyarakat Colorado lewat pertunjukan beladiri di berbagai kesempatan.

Sumber: VOAindonesia

Post a comment