No comments yet

IPSI Agendakan Pembangunan Labolatorium Pencak Silat

Pengurus Besar Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI) mengagendakan pembangunan laboratorium khusus cabang olahraga pencak silat untuk semakin memperkenalkan olahraga asli Indonesia tersebut itu ke dunia internasional kedepan.

Anggota Formatur PB IPSI, Syamsu Rizal, menyatakan, di Belanda itu ternyata banyak tersimpan atau tercatat nama pendekar-pendekar yang dulunya oleh pihak Belanda dicap sebagai pemberontak pada masa penjajahan.

“Kita ingin bangun satu laboratorium, khusus pencak silat yang mana ada penelitian tentang akar budaya dari pencak silat. Pendekar-pendekar yang mereka sebut pemberontak, tercatat disana dan kita gali untuk membuat semacam legal draft,” kata CSyamsu Rizal, di Makassar, Senin (2/1).

Ketua IPSI Sulsel itu menjelaskan, pengembangan pencak silat di Indonesia itu sudah saat berorientasi prestasi yang menembus dunia. Namun demikian, kata dia, tentunya tetap harus mempertahankan budaya yang memang menjadi ciri khas dari cabang tersebut.

“Memang blue print pengembangan pencak silat di Indonesia itu sudah saatnya beriorentasi ke prestasi internasional. Itupun yang menjadi fokus utama kita untuk membawa pencak silat dipertandingkan secara resmi di olimpiade,” ujarnya.

 

ANTARA

Post a comment