silat

Pencak Silat Indonesia Jadi Ilmu Beladiri Pasukan Elit Prancis

Sekali lagi masyarakat Indonesia harus berbangga dengan budaya yang dimiliki oleh negara tercinta ini. Terlebih negara besar dunia banyak yang mengakui budaya tanah air. Salah satunya adalah pencak silat yang ternyata merupakan teknik ilmu beladiri yang digunakan oleh pasukan elit negara besar dunia.

Salah satu negara besar dunia yang terbukti menggunakan teknik ilmu pencak silat sebagai ilmu beladiri untuk pasukan elitnya adalah negara Prancis. Pasukan anti teror yang dimiliki Prancis, yakni RAID (Recherche, Assistance, Intervention, Dissuasion) dan GIGN (Groupe d’Intervention de la Gendarmerie Nationale) ternyata menggunakan pencak silat dalam melakukan tugasnya.

Pencak silat yang digunakan oleh pasukan elit Prancis ini memang bukan murni ilmu pencak silat yang biasa dijumpai di tanah air. Mereka hanya menggunakan teknik serta jurus pencak silat yang mematikan dan sangat efektif digunakan untuk melumpuhkan musuh. Baik itu teknik yang menyerang ulu hati, wajah, leher dan bagian vital lainnya. Sementara untuk gerakan yang tak perlu, telah dihilangkan.

Kemampuan pencak silat untuk dihadapkan dengan ilmu beladiri lain yang sudah terkenal pun tidak kalah lho. Pasukan elit Prancis ini pun mempunyai kemampuan untuk mengatasi berbagai teknik beladiri baik judo, jiujitsu, gulat dengan menggunakan jurus pencak silat. Bahkan silat pun bisa dipakai untuk melumpuhkan musuh dalam waktu yang relatif singkat.

Grand master PSHT Franck Ropers

Lalu darimana mereka memperoleh ilmu pencak silat ini? Ternyata sumber ilmu beladiri pencak silat yang digunakan oleh pasukan elit Prancis ini tak lain adalah organisasi pencak silat terkemuka di Indonesia, yakni Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT). Tepatnya dari seorang grand master pencak silat PSHT Franck Ropers.

Franck Ropers merupakan seorang grand master pencak silat yang tak hanya terkenal di negara Prancis, tapi juga di belahan Eropa lainnya. Menariknya lagi, ternyata bukan hanya pasukan elit Prancis RAID dan GIGN yang menggunakan ilmu beladiri pencak silat. Pasukan militer di negara tersebut juga menggunakan pencak silat lho. Di antaranya adalah Marinier, Legiun Asing ataupun resimen 501 lapis baja.

Bagaimana? Bangga banget kan dengan budaya yang dimiliki oleh Indonesia?

sumber : indo.world

Tags:
Previous Post
pencak-silat
Liputan Silat Seputar Silat

Seleksi Pelatnas Pencak Silat Jaring 71 Atlet

Next Post

Perisai Diri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *