No comments yet

Seleksi Pelatnas Pencak Silat Jaring 71 Atlet

JAKARTA,  – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) akan menyeleksi 71 atlet nasional yang meraih gelar juara pada Pekan Olahraga Nasional XIX, Kejuaraan Nasional 2016, dan Pekan Olahraga Mahasiswa ASEAN 2016. Seleksi ketat dari tiga ajang bergengsi itu dilakukan demi meraih prestasi pada Asian Games 2018.

Menurut Sekretaris Jendral IPSI, Erizal Chaniago, nantinya ke-71 atlet terpilih dari ketiga kompetisi itu akan saling diadu dengan menggunakan sistem setengah kompetisi. Hanya 28 pesilat terbaik yang akan lolos seleksi untuk mengikuti pelatnas IPSI di Jakarta.

Selain untuk berlaga di Asian Games 2018, seleknas IPSI 2016 yang akan digelar pada Selasa dan Rabu (26/10/2016) ini, juga akan menentukan atlet-atlet yang akan mewakili Indonesia pada Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016 dan SEA Games 2017 di Malaysia.

“Kami akan mengirim 30 atlet untuk mengikuti kejuaraan dunia yang akan berlangsung di Bali pada 3-8 Desember dan diikuti perwakilan dari 45 negara,” ujar Erizal di Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Namun, PB IPSI tidak mematok target medali dalam Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2016. “Kami hanya menargetkan gelar juara umum karena kita punya sumber daya pencak silat yang banyak,” kata Erizal.

Ketua Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) Achmad Sutjipto mengatakan kesuksesan atlet-atlet pencak silat Indonesia harus dapat diukur.

“Salah satu agenda pencak silat adalah agar olahraga ini menjadi cabang olahraga modern artinya dapat diukur dari cara berlatih, penyeleksian atlet, dan sport science,” tutur Sutjipto.

Satlak Prima, lanjut Sutjipto, mengharapkan IPSI punya kelompok atlet yang tidak lebih dari empat orang sebagai atlet andalan Indonesia dalam SEA Games 2017 dan Asian Gamaes 2018.

Sumber : netralnews.com

Post a comment